..<< More Info >>..

Monday 8 September 2008

Olahraga 20 Menit Bisa Naikkan HDL

Kadar kolesterol berkaitan de­ngan pola makan dan gaya hidup. Jika Anda suka mengonsumsi ma­kanan berkalori tinggi dan ting­gi lemak jenuh tapi kurang akti­vitas, pembuluh darah Anda bisa mengalami pengerasan pembuluh darah.

Alhasil, Anda bisa menderita se­ra­ngan jantung.Tak ingin punya ko­lesterol tinggi? Anda bisa me­ne­mpuh terapi nonfarma­kologi u­n­­tuk menciutkan kadar kolesterol.

Anda mesti mengubah gaya hi­dup. Ini yang biasanya susah se­kali kita ubah. Misalnya, goda­an makan enak jauh lebih ken­cang dibanding makan sehat.

Anda bisa mengawalinya me­ngendalikan berat badan untuk menurunkan kolesterol Low Den­sity Lipositin (LDL) dan trig­lise­rida, serta meningkatkan High Density Lipositin (HDL). Cara­nya, olahraga rutin minimal 20 menit setiap hari.

Pakar gizi dari IPB, Ali Khom­san, mengemukakan, orang yang rajin olahraga tiga hingga lima kali seminggu, HDL-nya akan lebih tinggi daripada yang tidak.

Menurut dia, olahraga penting untuk mengendalikan kolesterol. Bersamaan dengan itu, Anda ha­rus mengatur pola makan se­perti membatasi makanan berlemak dan tinggi kolesterol.

“Sebaiknya Anda kurangi makanan berlemak seperti jero­han, otak, dan telur,” kata Ali.

Sebaliknya, Anda bisa me­nyan­tap hidangan ikan laut yang mengandung asam lemak tak je­nuh. Ali juga menganjurkan Anda mengoptimalkan asupan buah dan sayur yang banyak mengan­dung vitamin C.

Serat yang mudah larut ini mem­bantu membuang kolesterol sehingga tak menyumbat aliran darah. Hanya saja, sayuran kaya vitamin C tidak perlu direbus sampai matang.

Kalau sudah matang, vitamin­nya hilang. Jika sayuran atau buah-buahan dijus, minumlah ber­sama ampasnya karena ampas merupa­kan sumber serat yang mampu me­nurunkan kadar kolesterol.

Cara lain yang bisa Anda tem­puh adalah memaksimalkan man­faat apotek hidup. Antaranya, daun salam, buah mengkudu, ba­wang putih, bawang bombay, ba­wang merah, temu lawak, kunyit, jamur kuping hitam, rumput laut, terung ungu, daun dewa, daun sambung nyawa, daun jambu biji, daun ceremai dan kulit polong kacang tanah. rm

0 comments:

Custom Search
Digg! Medicine Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Other:

Topic Relation
Iklan Baris Online
Pasarkan produk anda free

Free Online Ads
Iklan Baris Online
Tingkatkan omset anda Free

Sewa Laptop
Sewa Komputer