..<< More Info >>..

Sunday 4 January 2009

Taman Nasional Meru Betiri TNMB

TNMB Tanaman obatJEMBER, SENIN — TNMB Miliki 537 Jenis Tumbuhan Obat, Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) Jawa Timur ternyata merupakan kawasan yang sangat kaya akan tanaman yang berkhasiat sebagai obat. Kepala Balai TNMB Heri Subagiadi, Minggu (21/12), mengemukakan, sedikitnya ada 537 tumbuhan obat di kawasan TNMB.

Dari ratusan jenis tumbuhan tersebut, sebanyak 237 jenis adalah 78 famili yang berada di Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Kalibaru di Kabupaten Banyuwangi dan 300 jenis dari 77 famili berada di SPTN Wilayah I Sarongan di Kabupaten Banyuwangi.


Menurut Heri, TNMB merupakan salah satu taman nasional yang memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, baik flora maupun fauna. Pihaknya juga sudah mencatat dan mendeskripsikan 537 tumbuhan obat yang ada di TNMB bersama dengan kegunaannya.

"Kami sudah buat buku deskripsi tumbuhan obat yang ada di TNMB," katanya menegaskan.

Ia menjelaskan, uji fitokimia juga telah dilakukan pada beberapa jenis tumbuhan obat yaitu pada bagian tumbuhan meliputi akar, daun, dan kulit batang. Kandungan kimia yang diuji adalah alkaloid, flavonoid, saponin, dan steroid atau triterpenoid.

Heri menjelaskan, tumbuhan obat yang ada di kawasan TNMB adalah tumbuhan obat yang secara tradisi telah dimanfaatkan oleh penduduk sekitar kawasan TNMB di antaranya kemukus (Piper cubeba) untuk penyakit diare dan asma, susuh angin (Usnea misamiminensis) digunakan untuk obat batuk dan sariawan. Sedangkan bakung hutan (Crynum asiaticum L.), akarnya digunakan sebagai obat cacingan dan daunnya digunakan untuk obat rematik.

"Warga sekitar TNMB juga terbiasa menggunakan tumbuhan obat itu untuk menyembuhkan beberapa penyakit," katanya.

Seluruh tumbuhan obat di TNMB, kata Heri, hanya boleh dimanfaatkan oleh warga sekitar dan tidak diperjualbelikan di luar kawasan TNMB. "Jika ada warga yang menjual tumbuhan obat TNMB ke luar kawasan hutan, akan kami tangkap," katanya.


AC
Sumber : Ant / kompas.com

0 comments:

Custom Search
Digg! Medicine Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Other:

Topic Relation
Iklan Baris Online
Pasarkan produk anda free

Free Online Ads
Iklan Baris Online
Tingkatkan omset anda Free

Sewa Laptop
Sewa Komputer