..<< More Info >>..

Monday 8 September 2008

Inilah Gejala Tuberkulosis

Penyakit tuberkulosis atau TB paling sering menyerang organ pa­ru, tetapi sebagian kecil dapat menyerang organ-organ lain. Mi­salnya otak, tulang, kelenjar getah bening, kulit, usus, mata, telinga dll..

Dr. Ahmad Hudoyo, spesialis paru FKUI/SMF Paru–RS Per­sa­ha­batan mengemukakan bahwa gejala dan tanda yang muncul ter­gantung organ mana yang terkena TB.

Menurut dia, seorang di­sang­ka menderita TB, terutama TB paru di­jumpai keluhan dan tan­da-tanda sebagai berikut:

  1. Batuk lebih tiga minggu
  2. Demam terutama sore hari
  3. Nafsu makan berkurang
  4. Berat badan turun
  5. Keringat malam hari
  6. Badan terasa lemah/mudah capek/rasa malas
  7. Sesak napas (bila penyakit sudah lanjut)
  8. Sakit dada (bila terjadi peradangan selaput paru/dinding da­da).

Lokasi dari organ yang terkena TB menunjukkan gejala khusus, mi­salnya TB usus akan menimbulkan gejala diare yang tidak sem­buh-sembuh.

TB kelenjar bening biasanya tidak menimbulkan keluhan, kecuali ke­lenjar getah bening di leher yang makin lama makin membesar.

TB tulang, tergantung letak tulang yang terkena, yang tersering ada­lah tulang belakang dengan tanda klinik berupa tulang pung­gung yang menonjol dan bengkok.

TB telinga akan mengeluarkan cairan dari telinga-tengah bia­sanya jernih dan tidak berbau. TB selaput otak akan memberi ge­jala yang lebih berat, seperti kejang-kejang dan kaku kuduk.

Termasuk TB ekstra paru tetapi masih dirrongga paru yaitu Pleu­ritis TB, suatu penyakit TB dengan manifestasi menumpuknya cai­ran dirongga paru, tepatnya diantara lapisan luar dan lapisan da­lam paru.

Gejala yang timbul berupa demam sakit dada dan demam tinggi, bila jumlah cairan yang menumpuk sangat banyak akan me­nim­bulkan sesak napas. TB ekstra paru tersebut dapat berupa pe­nyakit yang berdiri sendiri atau kadang kadang bersamaan dengan pe­nyakit TB Paru. rm

Source : rmexpose.com

0 comments:

Custom Search
Digg! Medicine Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Other:

Topic Relation
Iklan Baris Online
Pasarkan produk anda free

Free Online Ads
Iklan Baris Online
Tingkatkan omset anda Free

Sewa Laptop
Sewa Komputer