..<< More Info >>..

Monday 8 September 2008

Pola Hidup Sehat Tangkal Penyakit Paru

Paru merupakan salah satu or­gan vital bagi kehidupan ma­nu­sia. Bila organ ini tidak dapat ber­fungsi, manusia atau mammalia sulit bernafas.

Ada beberapa penyakit paru yang sering dijumpai di Indo­ne­sia, yaitu asma, TB-paru, pneu­mo­nia, bronkitis, kanker-paru, em­fisema, bronkitis, dan pleuri­tis.

Untuk menangkal penyakit pa­ru, dr. Ahmad Hudoyo, Sp. P Dept. Pulmonologi FKUI menge­mu­kakan bahwa pola hidup sehat, gizi yang baik dan disertai olah­raga secara teratur penting dila­kukan.

Selain itu, lanjutnya, hindari po­lusi udara dan jauhi asap rokok atau berhenti merokok. Bila ingin berhenti merokok, ada lima cara yang bisa dilakukan.

Pertama, bisa langsung ber­hen­ti merokok. Kedua, berhenti de­ngan cara perlahan-lahan. Ketiga, ber­henti merokok dengan mem­be­rikan asupan obat-obatan. Ke­em­pat, dengan cara hipnotis. Ke­lima, bisa juga dengan aroma terapi atau akupuntur.

Hal senada juga diutarakan ahli gizi Sun Hope, Fatimah Syarief. Me­nurut dia, pada penyakit paru kerap ditemui malnutrisi ter­uta­ma bagi pasien dengan emfisema.

Ada 70 persen kasus penyakit paru disertai penurunan berat ba­dan, hilang massa otot, serta ku­rangnya asupan vitamin A.

Defisiensi vitamin A ini me­nu­run­kan kemampuan replikasi sel epi­tel dan menyebabkan dege­ne­ra­si sel yang menskresi mukus pa­da saluran nafas, sehingga pa­sien lebih muda terkena infeksi.

Infeksi pada paru inilah yang se­ring dijumpai menjadi penye­bab kematian pada pasien paru. Hal ni pun ternyata sangat ber­hu­bungan dengan insiden malnu­tr­isi yang terjadi.

Kalau kondisi ini tidak segera di­atasi, maka resistensi tubuh ter­ha­dap infeksi akan menurun ka­rena produksi antibodi oleh tubuh berkurang.

Penambahan suplementasi Me­ga Formula, multivitamin leng­kap dengan vitamin A dan B kom­pleks dapat dijadikan alternatif un­tuk meningkatkan asupan vi­ta­min A.

Mega Formula yang bersumber uta­ma dari ekstrak hari sapi dan ba­han nabati lainnya diperkaya de­ngan vitamin A, B1, B2, B3, B6 dan B12 serta L-metionin. rm

Source : rmexpose.com

0 comments:

Custom Search
Digg! Medicine Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Other:

Topic Relation
Iklan Baris Online
Pasarkan produk anda free

Free Online Ads
Iklan Baris Online
Tingkatkan omset anda Free

Sewa Laptop
Sewa Komputer