..<< More Info >>..

Monday 8 September 2008

Kadar Gular Darah Mendekati Nol

Jumlah penderita diabetes mellitus (DM) di Indonesia mencapai 8,6 persen dari total penduduk. Jumlah penderitanya akan terus bertambah bila tidak dilakukan perubahan gaya hidup, terutama edukasi pola hidup sehat yang perlu disebarluaskan kepada masyarakat.

Berdasarkan survei Badan Kesehatan Dunia (WHO), negara kita menduduki peringkat ke­empat terbesar jumlah penyan­dang DM.

Dalam seminar yang digelar Laboratorium Klinik Prodia dengan tema “Kendali Diabetes, Cegah Komplikasi”, Dr. dr. Aris Wibudi, Sp.PD (Dokter Tim Ke­presidenan dan Ketua PB PEDI), mengemukakan, skrining DM itu penting, terutama bagi mereka yang berisiko tinggi memiliki riwayat keluarga DM.

Memiliki berat badan berle­bihan, kurang aktivitas fisik, diet tidak sehat, hipertensi, dislipi­demia (kadar kolesterol abnor­mal) berisiko tinggi mengidap DM.

Sekalipun tak mengalami ge­jala apapun, katanya, orang yang berisiko tinggi dianjurkan melakukan skrining mendeteksi dini diabetes.

Yntuk skrining diabetes, Manager Prodia Indriyanti, dapat dilakukan dengan pemeriksaan kadar gula darah. Bila hasilnya menunjukkan positif DM, pen­deritanya dianjurkan segera me­lakukan konsultasi dokter. Na­mun bila hasilnya negatif, dian­jurkan juga periksa ulang setahun kemudian.

Oleh sebab itu, lanjut Indri­yanti, ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai, seperti sering kencing, sering haus, sering lapar, dan beberapa gejala lain yang tidak spesifik, yaitu lemah badan, kesemutan, penglihatan kabur, gatal, disfungsi ereksi pada pria atau gatal-gatal di sekitar ke­maluan pada wanita.

Sekalipun penyakit diabetes ini menahun dan tidak mengenal kata sembuh, katanya, penyan­dang diabetes tetap dapat hidup berkualitas asal dapat mengen­dalikan kadar gula darahnya. “Kadar gulanya mendekati nor­mal,” tuturnya. rm

Source : rmexpose.com

0 comments:

Custom Search
Digg! Medicine Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Other:

Topic Relation
Iklan Baris Online
Pasarkan produk anda free

Free Online Ads
Iklan Baris Online
Tingkatkan omset anda Free

Sewa Laptop
Sewa Komputer